Demi Terhindar Dari Riba, Pria Ini Memilih Jadi Tukang Bakso Dan Meninggalkan Uang Puluhan Juta | Baca Okee

Demi Terhindar Dari Riba, Pria Ini Memilih Jadi Tukang Bakso Dan Meninggalkan Uang Puluhan Juta

Sebagaimana diketahui, Islam sangat tidak menyukai yang namanya riba. Dan sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk menjauhi sifat riba. Walaupun terlihat sangat menggiurkan, namun akibat yang didapat dari riba tidak baik dan tentunya tidak barokah. Karena pengaruh itulah membuat seorang sales di sebuah perusahaan mobil memilih berhenti dan beralih setir sebagai penjual bakso keliling.
Dikutip dari salah satu pengguna di Facebook bernama Saptuari Sugiharto, sales yang bernama Bahtiar mengatakan hidupnya sangat enak dan mewah ketika bekerja di dealer mobil. Saat ada yang ingin membeli mobil, Bahtiar berusaha menyuruh pelanggannya untuk memilih jalur sistem kredit. Hal itu dilakukannya agar ia juga mendapatkan bonus tiap bulannya.

Jika saya ingin menjual mobil secara cash, saya hanya mendapatkan bonus kisaran 250 ribu sampai 1 juta saja untuk satu buah mobil. Namun jika saya mampu menjualnya secara kredit, saya bisa ngedapeetin bonus mencapai 5-6 juta tiap mobilnya. Darimana duitnya itu? Dari provisi pinjaman kang. Semakin besar hutang dia, semakin besar juga provisinya, dan semakin besar juga bonus saya sebagai sales. Bagaimana tidak puyeng para konsumen kang, provisi tersebut tidak termasuk bunga kreditnya. Udah membeli mobil secara hutang, bayar uang pokoknya, bayar bunganya, ditambah pula bayar provisinya,” tutur Bahtiar ketika mengobrol dengan kang Saptuari.
Dapat dihitung kalau Bahtiar bisa menjual 5 mobil saja dalam 1 bulan, maka Bahtiar bisa mendapatkan bonus hingga Rp 25 juta. Walaupun begitu, Bahtiar mengangap orang yang ia dapatkan dengan bekerja sebagai pegawai dealer sangatlah tidak berkah. Istrinya juga sudah acap kali memperingatkan Bahtiar mengenai bahyanya riba.
Setelah mencari informasi lebih dalam, Bahtiar mulai menyadari bahwa apa yang selama ini ia lakukan telah dekat dengan apa yang diperangi oleh Allah SWT beserta Rasul2-nya. Bahtiar pun tidak ingin melanjutkan pekerjannya tersebut karena takut akan murka Allah SWT.
Setelah tidak bekerja lagi sebagai pegawa dealer mobil, akhirnya Bahtiar banting setir menjadi pedagang bakso keliling. Keputusan tersebut di dukung oleh istrinya. Namun sebelum menjual bakso, Bahtiar mendagangkan kue rumahan dulu. Setelah ia tahu bahwa ada temannya yang menjual bakso, lalu akhirnya Bahtiar juga menjual bakso keliling dengan sistem 50-50. 50 untuk temannya yang membuat bakso, dan selebihnay ntuk Bahtiar yang menjajakan baksonya.
Setelah berjalan sudah hampir dua bulan, rekan Bahtiar akhirnya mengajarkannya untuk bagaimana membuat bakso agar bisa lebih mandiri. Dan sekarang Bahtiar sudah dapat membuat bakso sendiri. Bahtiar mendapatkan keuntungan per hari mencapai Rp 200 ribu. Walaupun tidak segede gajinya saat menjadi dealer mobil, namun hatinya lebih tenang karena dapat tidak mengajak orang untuk berhutang.
Kini Bahtiar berjualan bakso keliling di daerah Cibitung, Bekasi. Dan Bahtiar terus berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan rezeki yang halal.
sumber: lihat.co.id

0 Response to "Demi Terhindar Dari Riba, Pria Ini Memilih Jadi Tukang Bakso Dan Meninggalkan Uang Puluhan Juta"

Posting Komentar