Jokowi: Di Jawa, BBM Naik Rp 1.000 Sudah Demo, Papua Dengan Harga Rp 100.00 Per Liter Rakyatnya Diam Saja | Baca Okee

Jokowi: Di Jawa, BBM Naik Rp 1.000 Sudah Demo, Papua Dengan Harga Rp 100.00 Per Liter Rakyatnya Diam Saja

Presiden Joko Widodomencanangkan program satu harga Bahan Bakar Minyak untuk seluruh Papua dan Papua Barat.
Pencanangan ini dilakukan Jokowi di Bandara Nop Goliat Dekai, Yakohimo, Selasa (18/10/2016).

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan bahwa harga BBM di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat harus sama dengan wilayah lain, yakni Rp 6.450 per liter untuk premium.
Jokowi menilai ada ketidakadilan selama bertahun-tahun karena harga premium di wilayah terpencil di Papua bisa mencapai Rp 100.000 rupiah per liter.
“Di (pulau) Jawa ada kenaikan BBM Rp 1.000 saja sudah demo semuanya. Disini Rp 100.000 per liter bertahun tahun, rakyatnya diam,” kata Jokowi.
Jokowi mengaku mengetahui harga BBM yang selangit itu saat ia berkunjung ke Papua setahun lalu.
Ia mendapatkan informasi itu dari keluhan masyarakat Papua. “Waktu salaman, banyak yang bisik bisik ke saya, pak disini harga BBM-nya 60.000, malah ada yang bilang Rp 100.000,” ucap Jokowi.
Mendengar keluhan itu, Jokowi pun langsung menginstruksikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno dan Direktur Utama Dwi Soetjipto mencari cara untuk menurunkan harga BBM di Papua.
“Dirut Pertamina menyampaikan ke saya, bisa rugi sampai Rp 800 Milyar. Ini bukan masalah untung dan rugi, ini masalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Jokowi disambut tepuk tangan warga.
Akhirnya, Pertamina pun sudah melakukan sejumlah langkah untuk menurunkan harga BBM di Papua. Pertama adalah dengan mengembangkan sembilan lembaga penyalur BBM.
Kapasitas penyimpanan BBM di penyalur juga diperbesar. Selain itu, Pertamina juga sudah membeli dua pesawat Air Tractor AT-802 yang bisa mengangkut 4.000 liter BBM untuk didistribusikan ke daerah yang sulit dijangkau lewat jalur darat.
Jokowi berharap praktik penyaluran BBM di lapangan berjalan sesuai harapan. Ia mengingatkan jangan sampai BBM yang sudah dijual murah hanya dikuasai oleh kelompok tertentu dan kembali di jual dengan harga yang mahal kepada masyarakat.
“Kalau harganya naik sedikit tidak apa-apa, tapi jangan terlalu jauh,” ucap Jokowi.
sumber: sindosatu.com

0 Response to "Jokowi: Di Jawa, BBM Naik Rp 1.000 Sudah Demo, Papua Dengan Harga Rp 100.00 Per Liter Rakyatnya Diam Saja"

Posting Komentar