WASPADA..!! TEMPE PALSU YANG BEREDAR DI INDONESIA,, TOLONG BANTU SEBARKAN ARTIKEL INI SEBELUM TERLAMBAT... | Baca Okee

WASPADA..!! TEMPE PALSU YANG BEREDAR DI INDONESIA,, TOLONG BANTU SEBARKAN ARTIKEL INI SEBELUM TERLAMBAT...

Melemahnya nilai ganti rupiah dengan dolar AS yang saat ini ada pada posisi Rp 14. 000-an per satu dollar, menyebabkan pelaku usaha yang mempercayai bahan baku impor putar otak untuk menyambung usahanya. Salah satunya usaha pembuatan tempe, yang hingga saat ini masih mempercayai kedelai impor sebagai bahan baku.



Dari hasil pantauan tim kami di berapa pasar-pasar tradisional di Indonesia, saat ini mengedar tempe mempunyai bahan kedelai yang dalam membuatnya di gabung dengan ampas kelapa. Satu diantaranya di Pasar 16 Ilir Indonesi,, yang terlihat sebagian pedagang menjajahkan tempe kedelai yang di gabung ampas kelapa.

Dengan cara kasat mata tak ada perbedaan pada tempe mempunyai bahan murni dari
kedelai dengan tempe kedelai yang dikombinasi ampas kelapa.


Batangan-batangan tempe dengan ukuran persegi yang dibungkus daun pisang, dijejerkan pedagang yang di jual pada beberapa orang sebagai customer.

Untuk


membedakan tempe kedelai murni dengan tempe kedelai di gabung ampas kelapa, membedakannya yaitu serat-serat tempe.

Jika dibelah, serat tempe yang di gabung ampas kelapa sekat seratnya terlihat hitam. Tengah tempe kedelai murni, sekat serat-seratnya berwarna putih.

Tentang harga jual dari pedagang pada customer juga, harga tempe kedelai yang di gabung ampas kelapa lebih murah daripada dengan harga tempe kedelai yang di gabung ampas kelapa.

Sumiati, salah seorang pedagang yang jual tempe mengaku, tempe yang di jualnya ada banyak tempe kedelai yang di gabung ampas kelapa. Tetapi batangan tempe dipisahkan supaya beberapa orang sebagai customer tahu ketaksamaannya.

 " Jika tempe umum (bahan murni kedelai) harga nya sebatangnya Rp 6 ribu, namun jika yang di kombinasi ampas kelapa perbatangnya di jual Rp 4 ribu, " paparnya.


Sumber : www. pusattipskesehatan. com

0 Response to "WASPADA..!! TEMPE PALSU YANG BEREDAR DI INDONESIA,, TOLONG BANTU SEBARKAN ARTIKEL INI SEBELUM TERLAMBAT..."

Posting Komentar